Toyota Indonesia Kirim Haridarma dan Alinka ke Gazoo Racing di Jepang
2017-12-06 09:54:38

mobilinanews (Jakarta) - Setelah berhasil tampil mengesankan pada ajang balap nasional, TRD Indonesia kembali membawa Toyota Team Indonesia (TTI) tampil dalam ajang motosport internasional TOYOTA GAZOO Racing 2017, di Fuji Speedway, Jepang.

Menggunakan mobil sport Toyota 86,  Haridarma Manoppo yang baru menjuarai kelas Indonesia Touring Car Championship (ITCC) akan terjun di kelas 86 Toyota Gazoo Racing Festival, dan Alinka Hardianti yang menduduki posisi ketiga ITCC akan turun di kelas Gazoo Racing Netz Vitz Race dengan Toyota Vitz yang di Indonesia dikenal sebagai Toyota Yaris. 

Pada tahun lalu TTI juga telah mengirimkan pembalap andalannya yaitu Alinka untuk mengikuti kejuaraan yang sama Gazoo Racing Netz Vitz Race dengan Haridarma Manoppo sebagai advisor.

Bersama tim, keduanya berangkat ke Jepang pada 3 Desember untuk mengikuti sesi latihan. Sesi latihan akan diadakan pada 5-8 Desember di Fuji Speedway. Kemudian babak pra-kualifikasi dan kualifikasi akan diselenggarakan di lintasan Fuji Speedway pada 9 Desember dan dilanjutkan final race pada 10 Desember di tempat yang sama.  

"Toyota Indonesia mendukung penuh tim TTI untuk unjuk kemampuan di ajang motorsport  internasional seperti TOYOTA GAZOO Racing. Keikutsertaan mereka diharapkan menjadi pintu untuk tampil di event balap internasional lainnya, sekaligus untuk meningkatkan  kualitas kompetisi di ajang balap nasional," kata Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM). 

Toyota Gazoo Racing adalah ajang one make race internasional, tempat pembalap Toyota dari berbagai negara menguji kemampuan mereka. Event yang diselenggarakan Toyota Cars Race Association, diawali sesi latihan dan kualifikasi kemudian sesi lomba atau racing.

Kejuaraan motorsport bagi Toyota bukan sekedar kegiatan olah raga dan hiburan, tapi juga bagian dari pengembangan produk. Melalui keikutsertaan di ajang motorsport, teknisi Toyota akan selalu mendapat pengalaman baru untuk mendapatkan tuning top-notch  kendaraan, yang kemudian diaplikasikan pada kendaraan yang diproduksi.

Oleh karena itu, TAM bersama Toyota Racing Development (TRD) Indonesia selalu mendukung penuh TTI untuk memperoleh informasi kemampuan terbaik mobil Toyota untuk kemudian diaplikasi dalam desain dan rancangan kendaraan yang tepat untuk Indonesia.

"Kenyataannya, varian TRD di setiap model Toyota yang dipasarkan di Indonesia, merupakan yang paling disukai pelanggan," kata Soerjo.

Melalui ajang motorsport nasional, kerjasama TAM dengan TRD Indonesia dan TTI telah berhasil membuktikan bahwa kemampuan mobil Toyota sebagai pilihan terbaik. Ini terlihat dari capaian TTI yang mendominasi kejuaraan nasional melalui Agya, Etios dan Yaris. 

Kami mohon restu kepada seluruh masyarakat Indonesia agar tim TTI kembali meraih prestasi terbaik di kejuaraan international seperti Toyota Gazoo Racing ini, kata General Manager TTI Memet  Djumhana.

Menutup rangkaian Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) di sirkuit Sentul, Jawa Barat, 26 November 2017, Haridarma Manoppo dan Alinka Herdianti berhasil naik podium, masing-masing sebagai juara satu dan tiga untuk kelas ITCC Max 1.600.

Menggunakan Yaris, Haridarma  berhasil mendominasi dan keluar sebagai juara di setiap seri dalam 7 seri ISSOM sepanjang 2017 ini dengan total nilai maksimum yaitu 108 poin. Sedangkan Alinka berada di posisi ketiga dengan nilai 62 poin. 

"Kami melakukan banyak persiapan dan pengembangan balap di Indonesia melalui tim TTI. Kami ingin memajukan dunia otomotif Indonesia hingga melaju ke ajang internasional," kata President Director TRD Indonesia, Toshio Obara. 

Selain menjuarai kejurnas ITCC 1600 Max, pebalap TTI juga menjuarai ajang motorsport nasional lain seperti slalom. Anjasara Wahyu memborong gelar juara nasional kelas A (Standar) dan Demas Agil sebagai juara nasional di kelas F (Modifikasi) pada kejuaraan slalom nasional Auto Gymkhana 2017. Keduanya masing-masing menggunakan Toyota Agya dan Etios. 

Keduanya juga berhasil tampil di posisi pertama pada kejuaraan slalom internasional yaitu Asian Auto Gymkhana Competition (AAGC) 2017 yang berlangsung di Taiwan. Ini adalah untuk kesekian kalinya, pebalap TTI menjuarai kompetisi yang masuk dalam kalender FIA ( Fédération Internationale de l'Automobile) ini. (budsan)

Sumber : mobilinanews